Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) dilaksanakan di Ballroom Hotel Golden Tulip Banjarmasin pada tanggal 30 Juli 2018 dengan diikuti oleh 187 peserta yang terdiri dari unsur pimpinan PT, dosen, serta operator PDDikti. 187 peserta tersebut berasal dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang tersebar di Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YBPK menugaskan 2 orang untuk mengikuti sosialisasi tersebut yaitu 1 orang operator PDDikti dan 1 orang dosen.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan, Prof Idiannor Mahyudin, menyampaikan pentingnya Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) bagi PTS selain itu beliau juga menyampaikan salah satu amanah Presiden RI dan Menristekdikti RI agar terus meningkatkan mutu PTS di pulau Kalimantan. SISTER Ristekditi atau Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi dikembangkan oleh Kemenristekdikti RI dan bertujuan untuk meningkatkan karier dosen, meningkatkan mutu dosen dan merekam setiap aktivitas dosen dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi.

Diharapkan melalui SISTER, setiap dosen dapat membangun portofolio dan dapat mengkompilasikan seluruh aktivitas tridarma yang pernah dilakukan, sehingga portofolio tersebut nantinya dapat dipakai untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data yang ada di portofolio dapat diklaim dalam proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya. Kemudian asesor / reviewer melakukan penilaian aktivitas dan produk yang telah diklaim tersebut.

Pada kegiatan ini  pengarahan juga diberikan oleh Tim Sister Kemenristekdikti, Direktorat Sumber Daya Iptek Dikti, Muhammad Komarudin. Beliau menyampaikan latar belakang perbaikan layanan dalam sumber daya di Kemenristekdikti. Dengan banyaknya berkas yang diajukan untuk kenaikan pangkat di kementerian, menumpuknya arsip berkas sumber daya, banyaknya aplikasi sumberdaya sebelumnya. Maka dikembangkanlah SISTER, sebuah sistem informasi yang akan mengintegrasikan sumber daya yang ada di Kemenristekdikti. Perlu diketahui bahwa aplikasi SISTER ini sudah terintegrasi dengan Aplikasi PD Dikti, SERDOS, dan SINTA.

Setiap PTS diharapkan memiliki 1 (satu) server khusus aplikasi SISTER, dimana kebutuhan sistem yaitu untuk sistem operasi minimal Windows Server 2012 64-bit, Windows 10 64-bit, Linux Ubuntu 14.04 64-bit, Linux Ubuntu 16.04 64-bit. Untuk kebutuhan memori minimal 12 GB RAM, untuk kebutuhan hard drive minimak 1 TB HDD/SSD dan untuk kebutuhan koneksi internet minimal 10 mbps.

Sosialisasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) PTS Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.